Sabtu, 26 Maret 2011

My Camui Gackuto


Mungkin hanya segelintir yang mengenal nama pria ini di Indonesia, tapi coba bila kau bertanya kepada salah satu orang Jepang yang kau temui di mana saja “Apakah Kau mengenal Gackuto?”mereka pasti akan menjawab “Ya…tentu saja. Dia pria yang hebat…”dan jika kau bertanya pada gadis Jepang mereka akan "KYAA!!!! Gackuto sama!!! Aishiteru Yo!!!! Kakui!!! Kawai!!!
Aku berkata dia pria yang hebat bukan karena dia adalah salah satu pejuang yang bertanah kelahiran di Jepang atau seorang politikus yang berguna bagi negaranya. Gackt Camui, atau Japanase lebih sering menyebutnya dalam sebutan “Gackuto-san” adalah salah satu penyanyi top terkenal di Jepang. Dia mengaku menggeluti dunia music rock, tapi tak jarang lagu-lagu ciptaannya bergenre pop dan mellow. Tapi satu yang pasti dari lagu-lagu ciptaannya, lagu-lagunya sungguh KAWAI NEEEE….

Tak jarang orang-orang menyebutnya sebagai musisi jenius karena , dari segi instrumental, jika penyanyi bergenre rock atau pop lebih sering menggunakan drum, gitar, bass, atau keybord sebagai instrumen musiknya, Gackt memberi sentuhan instrument yang berbeda pada beberapa musik rocknya. Dia dengan berani menambahkan suara shimasen, cello dan seruling bambu yang biasanya dikenal sebagai alat musik tradisional Jepang dalam salah satu instrumen music dari lagu yang diciptakannya. Dan hasilnya? Tidak perlu dipertanyakan lagi, hasilnya sangat menakjubkan dan menghasilkan music yang unik namun tanpa kehilangan unsur rocknya sedikitpun.Contoh music yang kumaksudkan adalah salah satu lagu kesukaanku sepanjang masa, Setsugekka ~The end of Silence~. Pertama kali aku mendengar lagu ini, aku berpikir orang yang menciptakannya bukanlah seorang manusia, tapi seorang dewa. Ini bukan bualan, cobalah kau mendengar lagu ini dengan earset atau headset mu dengan volume yang besar, pejamkan matamu dan dengarkan dengan seksama. Setiap alunan nada dan suara bariton khas dari seorang Camui Gackt, kau pasti akan sependapat denganku.

Bukan tanpa alasan aku menyebut Gackt sebagai musisi jenius, karena selain bisa menciptakan lagu dengan lirik yang indah, instrumen yang menakjubkan, dan aransemen yang hebat, Gackt juga bisa memainkan semua alat musik yang pernah ditemuinya, mulai dari drum, gitar, bass, keybord, shamisen, cello, suling, biola, piano dan lain-lain.Tapi Piano dan drum adalah alat musik spesialisasi yang sangat dikuasai pria pecinta warna hitam juga putih ini. Gackt telah belajar bermain piano sejak dia berumur 3 tahun, dan belajar bermain drum saat dia masih duduk di bangku SMA. Aku rasa bakat Gackt dalam bidang musik diperolehnya dari sang Ayah yang juga seorang musisi dan pemain trumpet yang hebat.
Tidak hanya seorang musisi yang hebat, Gackt juga seorang acktor yang handal. Ada beberapa judul film yang pernah dia mainkan, sepeti Moon Child, Gackt berperan sebagai Sho dan pemeran utamanya adalah Hyde, Vocalis L’arc~en~ciel dan Vamps, Hyde berperan sebagai seorang vampire yang telah berteman dengan Sho (Gackt) sejak kecil. Pokoknya filmya layak untuk ditonton. Tidak hanya itu, kemampuan acting Gackt yang hebat membawanya hingga dia membintangi film holliwood berjudul Bunraku bersama beberapa actor holliwood lainnya.
Tapi menurutku, kemampuan acting Gackt yang terasa begitu hebat bagiku ketika dia ditawari bermain drama Taiga di salah satu stasiun TV ternama Jepang, NHK, sebagai raja Kenshin, Gackt terlihat benar-benar KAKOIIII dengan dandanan ala bangsawan Jepang jaman dulu, dengan rambut panjang  diikat dan wajah yang menawan, dia benar-benar terlihat seperti Pangeran bagiku. 

Begitupula baru-baru ini ketika dia menjadi pemeran utama dalam drama teater yang mereka namakan Nemuri X Gackt Project dan berperan sebagai samurai. 
Aku bahkan berpikiri Kenshin di Samurai X dan Kyo di Samurai Deeper Kyo, tidak ada apa-apanya dibanding Pria ini. 
Gackt juga sering membintang dorama dengan peran-peran yang unik dan menurutku susah untuk diperagakan, tapi Gackt bisa menyelesaikannya dengan sangat baik, contohnya dalam dorama Mr.Brain ketika Gackt berperan menjadi seorang kanibal gila yang meneror orang-orang, actingnya membuatku ingin skot jantung. Selain karena aktingnya juga karena wajahnya yang menawan tentu saja walau dia berperan sebagai kanibal lapar daging manusia.
Selain itu, Gackt juga dikenal sebagai Seiyuu yang tidak buruk, contohnya dalam film Arthur and The Minimoys, Gackt bisa memerankan peran Maltazhard dengan baik

Pria multitalent  ini juga memiliki keahlian dalam menulis kaligrafi Jepang, dan tulisannya suungguh sangat indah. Gackt juga sering dipanggil menjadi model iklan mulai dari, iklan ponsel, kartu ATM, minuman, makanan ringan dan lain-lain. Gackt juga telah diangkat menjadi model tetap oleh beberapa perancang busana dan fotografer ternama Jepang, selain itu telah banyak sekali majalah ternama yang menjadikan wajah menawan Gackt menjadi sampul depan majalah mereka, baik itu majalah fashion, majalah yang khusus membahas musik dan lain-lain, seperti Arena 37 Megazine, Fool's Mate Megazine, Pati-Pati Megazine, Out of Music Megazine dan lain-lain.
Gackt dikenal anak yang nakal dan ditakuti di sekolahnya ketika SMP dan SMA dulu, Gackt bahkan mengaku tidak pernah ke mana-mana tanpa ada pisau dan linggis dalam tasnya, karena dia petarung yang hebat yang selalu mencari lawan yang lebih tangguh darinya. Gackt menguasai berbagai macam seni bela diri, mulai dari karate yang diajarkan ayahnya yang juga seorang Master Karate, Boxing dan juga taekwondo. Tapi dibalik kemampuan bertarungnya yang hebat, Gackt mempunyai 1 prinsip, yaitu tidak akan pernah memukul seorang wanita, apalagi Ibunya. Jadi, sejengkel apapun Gackt pada wanita, Gackt tak akan pernah memukuli mereka. Tapi sekuat apapun Gackt, hanya ada 1 pria yang tidak akan pernah dikalahkannya, yaitu sang Ayah.

Walau Gackt adalah seorang musisi, aktor, petarung dan model yang terkenal, Gackt sangat peduli pada fansnya. Dia menamai fansnya dengan sebutan DEARS yang artinya tersayang.  Gackt selalu menghasilkan karya-karya terbaiknya, dan member konsep yang tidak biasa dan menakjubkan saaat konser hanya untuk membuat para fansnya tersenyum bahagian dan tidak merasa rugi telah membuang uang untuk membeli kaset dan menonton konsernya. Jadi sudah mejadi ritual rutin bagi Gackt pingsan setelah konser, karena dia terlalu memporsir tenaganya hanya untuk menciptakan konser yang hebat dan tak terlupakan bagi para fasnya. Di sela-sela kesibukannya itu, Gackt selalu membaca sendiri semua pesan yang masuk dalam bloknya, dan tidak menyerahkannya pada manajer atau orang lain, dan bagi fansnya yang beruntung, Gackt akan membalas pesan fansnya itu. Gackt juga menyisipkan waktu istirahatnya dengan menyiar radio di stasiun khusus bagi penggemar pria yang sealalu mengnakan kacamata di setiap kesempatnnya di luar jadwal  musiknya. Tidak heran ketika konser atau bahkan ketika hanya berjalan di jalanan dalam festifal kenshin, Gackt mempunyai ribuan penggemar, yang terlihat seperti lautan manusia bagiku.

Gackt menjalin hubungan yang baik dengan para krunya yang diberinamanya GacktJob yang terdiri atas member band, staff juga para dancernya, Gackt bahkan tidak menganggap mereka  hanya sebagai rekan kerja, atau hubungan bos dengan krunya, tidak sama sekali, Gackt memperlakukan mereka semua layak sebuah keluarga yang saling melindungi dan saling membutuhkan. Sampai sekarang ada 2 member GacktJob yang telah bertahan selama kurag lebih 10 tahun, yatitu You dan Chacha yang keduanya adalah gitaris, dan untuk bass ada Chirolyn dan drummer ada Junji, dan mereka semua adalah orang-orang yang tidak kalah baik dan lucunya seperti Gackt.


Pertama kali kau melihat Gackt, maka kesan yang kau pikirkan adalah, dia pria menawan yang sangat misterius. Selain kenyataan bahwa pria ini pecinta warna hitam dan putih, di setiap fotonya bisa kalian lihat pakaian pria ini tidak akan pernah lari dari kesan black and white, Gackt menyatakan dirinya bukan seorang manusia namun seorang vampire yang berumur lebih dari 400 tahun??? Jika mengingat kenyataan bahwa vampire memang berwajah tampan, aku tidak keberatan dengan kenyataan itu. Gackt juga tinggal di sebuah sarang vampire yang sangat menakjubkan. Kesan pertama kau melihat rumahnya adalah "tidak bisa melihat sama sekali" alias "gelap". Tentu saja, rumah Gackt ada beberpa meter di bawah tanah dengan penerangan yang sangat minim, hanya beberapa lilin di beberapa sudut rumah dan lampu pijar. Bukannya bermaksud untuk hemat yang berlebihan, tapi pada dasarnya Gackt memang lemah pada cahaya yang terang. Matanya tak sanggup melihat cahaya yang terang karena akan membuat matanya menjadi terlalu terang dan tidak bisa melihat sama sekali, hal ini juga menjawab mengapa Gackt tidak pernah lepas dari kacamata, dia berusaha melindungi matanya yang senstif itu. Selain itu telinga Gackt juga peka terhadap suara yang ada pada lampu, dan itu membuatnya tidak bisa konsentrasi dan tidur. Itulah sebabnya mengapa rumahnya gelap gulita namun indah dan keren seperti kastil vampir. 


Bagaimana? Dia terlihat seperti vampir sungguhan bukan? Belum lagi kenyataan bahwa Gackt bisa melihat dan berkomunikasi dengan orang-orang yang telah meninggal, alias para hantu atau roh yang masih berkeliaran di sekitarnya. Kemampuannya itu diperolehnya ketika dia hampir saja meninggal tenggelam di laut Okinawa saat berumur 5 tahun, dan sejak saat itu dia bisa mendengar, melihat dan berkomunikasi dengan mahluk dari dunia lain, utamanya ketika pria ini sedang berada di antara dunia manusia dan dunia mereka, alias ketika dia sekarat karena kecelakaan beberapa kali. Tapi Gackt tidak mempermasalahkan hal itu. Gackt juga memelihara beberapa ekor anjing kecil yang lucu di istana vampirenya,(setidaknya masih ada hal lucu di rumahnya yang mengerikan itu).

Semua yang ada pada diri Gackt membuatku jatuh cinta padanya dan menetapkan diri bahwa tidak akan ada musisi yang akan menggantikan posisi Gackt di hatiku.
Berikut adalah biodata singkat Gackt.
Name: ガクト
Name (cara baca): ga-ku-to
Full artist name: Gackt M.S. Camui / 神威楽斗 UPDATED: BARU GANTI DARI Gackt KE GACKT.
profesi: penyanyi, penulis lagu, seiyuu and aktor
Tempat & Tanggal Lahir: Okinawa, Japan, 4 July, 1973
Height: 180cm
Weight: 60kg
[yawloh badannya :KYAA: ]

Filmography
* Soyokaze (2002)
* Hero's Hero (2003)
* Moon Child (2003)
* Fūrin Kazan (2007)
* Mr.Brain (2009) as Takegami Teijirou (episode 2)
* Kamen Rider Decade The Movie: All Riders vs Dai-Shocker - as Riderman (2009)
* Bunraku (2009)


Concerts
* 2000: MARS Sora Kara no Homonsha ~Kaisou~ (MARS 空からの訪問者〜回想〜)
* 2001: Requiem et Reminiscence ~Shuuen to Seijyaku~ (Requiem et Reminiscence 〜終焉と静寂〜)
* 2002: Kagen no Tsuki ~Seiya no Shirabe~ (下弦の⽉〜聖夜の調〜)
* 2003: Jogen no Tsuki ~Saishusho~ (上弦の⽉〜最終章〜)
* 2004: The Sixth Day & Seventh Night - Final"
* 2005: Diabolos ~Aien no Shi to Seiya no Namida~ (DIABOLOS〜哀婉の詩と聖夜の涙〜)
* 2006: Gackt Training Days Drug Party"
* 2009: Requiem et Reminiscence ~Saisei to Kaikou~(Requiem et Reminiscence Ⅱ ー再生と邂逅ー)
* 2010: YELLOW FRIED CHICKENz

10 Top Chat My Most Favorite Songs Forever 
* Oblivious ~Kao no Nai Tanshi~
* Setsugekka ~The end of silence~
* Last Song all version
* Kimi no Tameni Dekiru Koto ~Seventh Night unpluged~
* Tsuki no Uta
* Mirror ~ Seventh Night unpluged~
* Jesus
* Lost Angels
* Kimi ga Matteriru Kara ~Seventh Night unpluged~
* Rain

1 komentar:

  1. Hehehehe...Panjang juga ya...hasilnya...Semoga ada yang berminat membaca...

    BalasHapus